Cara Membuat Bata Merah Yang Padat dan Kuat

tips membuat bata merah

tips membuat bata merah

Bata merupakan material inti dalam pembuatan rumah. Ada tiga jenis bata yang saat ini digunakan yakni bata merah, batako, dan bata ringan. Dari ketiga jenis bata tersebut, bata merah lah yang paling banyak diminati. Kenapa? Tentunya kualitas bata merah lebih bagus dari batako dan bata ringan.

Bata merah memiliki kelebihan paling menonjol yakni kuat dan tahan lama. Saat sudah dibangun menjadi tembok, bata merah ini kedap air sehingga jarang sekali terjadi rembesan pada tembok jika terjadi hujan. Untuk itulah banyak orang yang memilih menggunakan material bata merah ini ketimbang material dinding lainnya saat membangun rumah.

Terlepas dari kelebihan bata merah, bagaimanakah cara membuat bata merah yang kuat dan padat? Adakah semacam tips atau rahasia? Dalam prosesnya, bata merah tidak hanya dibuat dari tanah liat saja loo. Ada campuran perekat lainnya. Disini Kembar Teknika akan membagi tips bagaimana membuat bata merah yang kuat dengan campuran yang jarang orang tahu.

Campuran perekat batu bata yang bagus adalah abu asap pembakaran tebu. Abu asap pembakaran tebu ini bisa anda temukan di pabrik-pabrik gula. Terkadang pemilik pabrik bingung mau dibuang kemana abu asap sisa pembakaran tebu itu. Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat bata merah yang kuat dan bagus. Abu asap pembakaran tebu ini memiliki kandungan silikat yang tinggi. Apa itu silikat?

Silikat atau silikondioksida (SiO2) merupakan senyawa mengandung satu anion dengan satu atau lebih atom silikon pusat yang dikelilingi ligan elektronegatif. Silikat memiliki daya rekat yang cukup tinggi dan biasa digunakan dalam pembuatan semen. Hasilnya, bata merah yang telah tercampur silikat akan menjadi bata merah yang ringan sehingga lebih tahan getaran dan gempa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Whatsapp